Limbah Penyulingan Dilem Resahkan Warga

DSC01033
Trenggalek – ( JPI ) Bahan pencemar yang terdapat dalam limbah industri ternyata telah memberikan dampak serius mengancam satu atau lebih unsur lingkungan: Jangkauan pencemar dalam jangka pendek maupun panjang tergantung pada sifat limbah,jenis, volume limbah, frekuensinya dan lamanya limbah berperan.
Limbah penyulingan minyak dilem (atsiri) didesa Masaran kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek 23/10/2013 sebabkan sungai dan muara tercemari karena pembuangan langsung kesungai.
Warga desa masaran yang tidak mau disebutkan namanya saat dikonfirmasi mengatakan” penyulingan minyak dilem di desa masaran ini sudah berjalan kurang lebih 5thn, kira-kira juga gak ada ijinnya dan sangat meresahkan warga dikarenakan sungai jadi hitam airnya akibat limbah yang dibuang kesungai, warga hanya melihat karena mau protes tidak berani “ ucapnya
Dampak pencemaran semula tidak begitu kelihatan. Namun setelah menjalani waktu yang relatif panjang dampak pencemaran kelihatan nyata dengan berbagai akibat yang ditimbulkan. Unsur-unsur lingkungan,mengalami perubahan kehidupan habitat. Tanaman yang semula hidup cukup subur menjadi gersang dan digantikan dengan tanaman lain. Jenis binatang tertentu yang semula berkembang secara wajar beberapa tahun kemudian menjadi langka, karena mati atau mencari tempat lain.
Nelayan di muara pantai Sumbreng desa Masaran saat dikonfirmasi , sangat menyesalkan adanya penyulingan dilem yang limbahnya dibuang ke sungai menuju muara hingga menyebabkan ikan di muara jadi berkurang.
Dampak limbah penyulingan minyak dilem di desa Masaran kecamatan Munjungan sebabkan kondisi air, mikroorganisme, unsur hara dan nilai estetika mengalami perubahan yang cukup menyedihkan.
Pencemaran lingkungan berakibat terhadap kesehatan manusia,tata kehidupan, pertumbuhan flora dan fauna yang berada dalam jangkauan pencemaran. Gejala pencemaran dapat terlihat pada jangka waktu singkat maupun panjang, yaitu pada tingkah laku dan pertumbuhan. Pencemaran dalam waktu relatif singkat, terjadi seminggu sampai dengan setahun sedangkan pencemaran dalam jangka panjang terjadi setelah masa 20 tahun atau lebih (har../01/red)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di KABAR TRENGGALEK. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s