UMKM Sarana Memperkenalkan Produk Kreatif

gebyar UMKM
Trenggalek- (jpi)Pameran Produk UMKM Kabupaten Trenggalek Tahun 2013 yang diharapkan dapat memberikan inspirasi besar kepada pelaku UMKM maupun koperasi untuk mengembangkan, memperkuat dan memperluas akses pasar produk yang dihasilkan, sekaligus mendukung promosi investasi dan produk UMKM. Selain itu event ini juga dapat menjadi wadah untuk menggerakkan sektor riil dan meningkatkan perekonomian industri daerah. Jum’at, 11 Oktober 2013 di selenggarakan gebyar UMKM Tahun 2013 bertempat di Pasar Agro Kecamatan Kampak dan dihadiri oleh Bupati Trenggalek Dr. Ir. H. Mulyadi WR.MMT, para Kepala SKPD terkait, Camat Kampak, Kepala Desa se Kecamatan Kampak serta para undangan peserta Gebyar UMKM.
Pada kesempatan tersebut, Drs. Joko Setyono M.Si Sekdin Koperindag Trenggalek dalam laporannya menyampaikan bahwa Gebyar UMKM ini mengambil tema “Promosi Produk Kreatif Sebagai Sarana Interaksi Bisnis” hal ini dikandung maksud untuk memperkenalkan produk-produk kreatif dari para UMKM yang ada di Kabupaten Trenggalek dan bertujuan untuk mendorong serta memberi motivasi kepada UMKM untuk berkreasi sehingga dapat bersaing dengan produk-produk lain yang telah ada. Adapun jumlah peserta sebanyak 31 stand yang disiapkan secara gratis terdiri dari 6 UMKM unggulan dari kecamatan serta 6 UMKM berasal dari binaan dinas/instansi Kab. Trenggalek dan 19 stand dari UMKM umum. Waktu pelaksanaan Gebyar UMKM ini diselenggarakan selama 3 hari yaitu Jum’at, 11 Oktober sampai hari Minggu, 13 Oktober 2013.
Bupati Trenggalek yang sekaligus membuka acara tersebut dalam sambutannya mengatakan untuk mengamati sektor UMKM masih eksis atau tidak ditengah-tengah persaingan berbagai produk yang ada di Kabupaten Trenggalek. Tumbuhnya UMKM menunjukkan bahwa produk daerah semakin kompetitif. Di samping itu juga dapat mendorong UMKM meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan sekaligus memperluas pasarnya, sehingga dapat mendorong pengembangan usaha dan meningkatkan pendapatan/ekonomi daerah serta kesejahteraan masyarakat yang diperlukan perluasan lapangan kerja dengan menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi usaha mikro, kecil dan menengah. Usaha mikro, kecil dan menengah merupakan salah satu ujung tombak pelaku utama penggerak ekonomi rakyat yang selalu menunjukkan perannya dalam menggerakkan sektor informal, sektor informal ini memiliki posisi strategis dalam membangun ketahanan ekonomi.
“ Begitu pentingnya peran usaha mikro, kecil dan menengah, maka segenap jajaran Dinas Teknis Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam program – program kegiatannya bisa sinergi dan lebih fokus untuk memikirkan, khususnya untuk UMKM di kecamatan Kampak (pemanfaatan pasar Agrobis) dan masyarakat kabupaten Trenggalek secara umum, sehingga dapat menjadi nilai tambah dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat,” Ungkapnya.

Pos ini dipublikasikan di KABAR TRENGGALEK. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s