Pungli Sekolah,DPRD Temukan Terjadinya Dobel Anggaran

Kediri (jpi)— Komisi C DPRD Kota Kediri memanggil Dinas Pendidikan setempat beserta kepala sekolah setingkat SMP,SMA dan SMK. Pemanggilan tersebut terkait aduan pungutan liar (pungli) dari wali murid.
Ketua C Hadi Sucipto mengatakan, segala bentuk pungli tidak dibenarkan. Apalagi, terjadi dobel anggaran, yang hanya menguntungkan pihak sekolah dan merugikan wali murid.
” Ini harus diluruskan. Tidak diperkenankan adanya pungutan. Kedepan harus menjadi bahan evaluasi bersama,” tegas Hadi Sucipto, Rabu (1/5/13)
Aduan pungli diterima komisi yang membidangi Pendidikan, Pembangunan dan Saranan Prasarana dari wali murid salah satu SMP Negeri di Kota Kediri. Didalam surat aduan tersebut, pihak sekolah memungut dana operasional sekolah dengan dalih melalui komite sekolah.
Jumlah pungutan setiap siswa mencapai Rp 710 ribu per tahun. Yang paling janggal sekolah menarik uang biaya try out sebesar Rp 44 ribu per siswa. Padahal, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui Dinas Pendidikan setempat telah mengganggarkan biaya try out di APBD.
Terpisah Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kediri Agus Ds mengakui adanya dobel anggaran biaya try out. Menurutnya, hal itu bisa terjadi karena pihak sekolah menginginkan try out tambahan selain dari dinas.
” Mungkin pihak sekolah menganggap try out dari dinas masih kurang. Sehingga perlu adanya try out sekolah. Sehingga mereka meminta iuran kepada wali murid,” kata Agus Ds
Setelah menerima rekomendasi dari Komisi C DPRD, imbuh Agus Ds, pihaknya akan melakukan evaluasi kembali. Sehingga, pada pelaksanaan try out tahun 2014 mendatang, tidak lagi terjadi dobel anggaran. Biaya penyelenggaraan try out bakal dicover oleh APBD.(Nb/Pd)
Sumber : http://www.kedirijaya.com

Pos ini dipublikasikan di NASIONAL. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s